....WELCOME TO IKAKUIKI BLOG..... MARI KITA JAGA KEBUDAYAAN KITA !

SEBAR APEM

| |

Sehari menjelang tradisi sebar apem Yaqowiyu 2 gunungan apem di kirab dari kantor Camat Jatinom menuju masjid Agung Ki Ageng Gribig. Kirab diikuti sejumlah pasukan mulai dari masyarakat biasa hingga keluarga keturunan Ki Ageng Gribig.

Kirab gunungan apem Yaqowiyu dilakukan pada kamis sore dan diawali dari halaman kantor kecamatan jatinom. Kirab 2 gunungan apem lanang dan wadon diiringi sekitar seribuan orang mulai dari pasukan paguyuban Kraton Surakarta (Pakoso) Reog dari Wonogiri hingga para sahabat dan keluarga Ki Ageng Gribig. Disepanjang jalan yang dilalui arak-arakan gunungan apem langsung dipenuhi warga masyarakat Jatinom yang hendak menyaksikan gunungan apem yang akan disebar pada Jumat siang.

Camat Jatinom Joko Purwanto mengungkapkan total pem yang akan disebar dalam acara Yaqowiyu sekitar 85 ribu apem atau seberat 4,5 ton sedangkan apem dibuat secara swadaya masyarakat Jatinim dan diluar Jatinom seperti Karanganom, Ngawen serta daerah Boyolali. Dalam kirabnya gunungan apem singgah sebentar di masjid Alit atau masjid pertama yang didirikan oleh Ki Ageng Gribig. Yang kemudian di kirab menuju di halaman masjid Gedhe DAM diserah terimakan dari masyarakat Jatinom kepada Ki Ageng Gribig yang diperankan oleh Gus Abid tokoh ulama Klaten. Setelah didoakan gunungan apem disemayamkan semalam di masjid Gedhe Jatinom. Sedangkan sejumlah pejabat langsung melakukan ziarah ke makam Ki Ageng Gribig.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Bagus artikelnya.kita perlu nguri uri budaya jawa yg adiluhung

Posting Komentar